Kwan Seng Tek Kun – Bodhisatva Satyakalama

Kwan Seng Tek Kun – Bodhisatva Satyakalama

關聖帝君 Guan Sheng Di Jun {Hok Kian = Kwan Seng Tek Kun} atau yang lebih dikenal sebagai 關公 Guan Gong {Kwan Kong} adalah seorang Jenderal terkenal yang hidup pada zaman Tiga Negara (Sam Kok, 165 – 219 M). Beliau lahir di He Dong (sekarang Jie Zhou), propinsi Shan Xi, dan bernama asli 關羽 Guan Yu alias Guan Yin Zhang.

Kwan Kong telah mencapai kesempurnaan dengan gelar Bodhisatva Satyakalama, Guan Sheng Di Jun (Kwan Seng Tek Kun). Dalam agama Buddha, gelar Di Jun {Tek Kun} adalah setingkat dengan Bodhisatva. Bodhisatva pria biasanya bergelar Di Jun. Sedangkan Bodhisatva wanita bergelar Pho Sat. Kwan Kong juga bergelar Fu Mo Da Di (Bodhisatva Penakluk Mara), Guan Fa Li Zu (Bodhisatva Penegak Hukum).  Ada umat yang bertanya : Dari mana kita tahu bahwa Dewa Kwan Kong telah mencapai Bodhisatva? Perlu kita ketahui bahwa perbedaan utama antara Bodhisatva dengan Dewa adalah: Bodhisatva bersifat internasional (世界公認的 = diakui di seluruh dunia), sedangkan Dewa bersifat lokal (kedaerahan). Contoh: Kwan Im Pho Sat yang dikenal sebagai Dewi Kwan Im, adalah Bodhisatva. Beliau dihormati (& diakui) di seluruh dunia, bahkan orang Baratpun mengenalnya sebagai Goddes of Mercy. Di mana ada Wihara/Kelenteng, di situ pasti ada arca Kwan Im Pho Sat. San Bao Da Ren {Sam Po Tai Jin} adalah Dewa, beliau dihormati di Indonesia khususnya Jawa Tengah. Arcanya hanya terdapat di beberapa kelenteng saja.

Kwan Kong bersifat internasional, diakui di seluruh dunia. Arca Kwan Kong terdapat di Wihara/Kelenteng di berbagai belahan dunia. Bahkan Kwan Kong adalah salah satu Dewata yang dipuja oleh ketiga agama (Sam Kauw) sekaligus. Kaum Buddhist menganggapnya sebagai Dewata Pelindung Kuil dan Bangunan2 Suci (salah satu dari Ke Lan Seng Ciong Pho Sat). Kaum Taoist menghormatinya sebagai Malaikat Pelindung Peperangan. Sedangkan kaum Confusianist memujanya sebagai seorang suci dan teladan dalam hal Setia, Pri Kebenaran dan Keberanian. Sepanjang Kekaisaran Tiongkok dan pada masa Dinasti Qing, Kwan Seng Tee Kun amat dipuja bersama-sama Kwan Im Hut Co. Beliau adalah Dewata Utama Pelindung Kerajaan.

Gambar dan arcanya populer dengan ujud Beliau duduk membaca Kitab Hikayat zaman Chun Chiu 春秋 (salah satu dari 5 kitab klasik). Bersama 4 Dewata pendidikan lainnya Beliau dipuja sebagai 5 Dewata Pendidikan (Ngo Bun Ciang). Rakyat pada umumnya memujanya sebagai Dewata Sipil & Militer 文武雙神 (Bun Bu Seng Sin) dan salah satu dari Dewata Harta 財神 (Cay Sin). Bersama anak angkatnya Koan Phing 關平, dan pengawalnya Ciu Chong 周倉 yang setia, Beliau banyak dipuja baik di kelenteng maupun di rumah-rumah.

Dalam Kisah Tiga Negara (Sam Kok) Kwan Kong adalah seorang Jendral yang bernama Guan Yi (Kwan Yi). Lalu bagaimana Jenderal Kwan Yi (Kwan Kong) bisa menjadi Bodhisatva 菩薩 ? Seperti kita ketahui, Bodhisatva adalah seorang pembina diri yang penuh dengan cinta kasih. Sedangkan seorang Jendral di zaman peperangan pastilah banyak membunuh orang. Ini adalah hal yang amat kontradiktif. Namun perlu kita ketahui bahwa seseorang bisa menjadi Bodhisatva bila ia memiliki suatu kepribadian luhur 特德yang luar biasa. Kepribadian luhur Jendral Kwan Kong yang luar biasa adalah Kesetiaan, Keadilan & Peri Kebenaran, sepanjang sejarah manusia tiada orang kedua.

Berikut adalah intisari & kepribadian luhur dari Sejarah Hidup Kwan Kong dalam Kisah Sam Kok (Kisah Tiga Negara). Bandingkan jika Anda membaca Buku Sam Kok karangan Lo Kuan Chung yang terdiri dari 4 buku @ 750 halaman ! ) :

1. Setia Kepada Negara ( 盡忠於國 )

Pada suatu kali peperangan, Kwan Kong sendirian dikurung oleh ratusan prajurit musuh (Chao Chao). Namun beliau tidak takut mati, tetap tidak mau menyerah kepada Chao Chao. Malah mengajukan 3 Syarat: 1. Takluk kepada Kerajaan Han, bukan kepada Chao Chao. 2. Keluarga Lauw Pie (istri Lauw Pie) dijamin keamanannya. 3. Bila telah mendengar keberadaan Lauw Pie, Kwan Kong diperbolehkan bergabung kembali dengan kakaknya. Chao Chao dengan sangat terpaksa menerima ketiga syarat ini (Coba kita pikir: Mana ada orang yang menyerah, tapi malah mengajukan 3 syarat ???). Kemudian Kwan Kong tinggal di istana Chao Chao selama 12 tahun, namun Beliau tetap setia kepada Dinasti Han dengan prinsip patriotic: 降漢而不降曹 Menyerah kepada Han, bukan kepada Chao.

2. Menjaga Norma Susila ( 守禮不亂 )

Kwan Kong menjaga keselamatan kedua kakak ipar selama 12 tahun, ditemani lilin membaca kitab sastra Chun Chiu. Tak berani meninggalkan kakak ipar, karena takut mereka mendapat bahaya. Saat kedua kakak ipar tidur, Kwan Kong tidak tidur dan menjaga di luar kamar, mempersiapkan golok untuk menjaga keselamatan kedua kakak ipar. Sebenarnya Chao telah membangun istana yang megah untuk Kwan Kong, namun Beliau tak mau tinggal di dalamnya, karena senantiasa mengkhawatirkan kedua kakak iparnya. Lalu Chao dengan licik mengatur Kwan Kong tinggal dengan kedua kakak iparnya dalam 1 atap yang sama, ingin melihat apakah Kwan Kong bisa menjaga norma susila. Kalau melanggar berarti kegagahan Kwan Kong telah lenyap di tangan Chao, dan tak ada muka untuk kembali kepada Lauw Pie. Tapi taktik Chao tidak berhasil. Selama 12 tahun Kwan Kong berhasil menjaga norma susila !!! Manusia adalah mahluk yang berperasaan, orang yang tinggal bersama selama 12 tahun pasti ada perasaan. Namun Kwan Kong bisa menjaga kesucian. Sungguh luar biasa! Hawa ksatria membubung tinggi ke angkasa, sepanjang sejarah manusia tiada orang kedua (along the history there was no the second man).

3. Tidak tergiur akan Kesenangan/Kenikmatan ( 不圖享樂 )

Chao Chao melayani Kwan Kong dengan 3 hari 1 pesta kecil, 5 hari 1 pesta besar 三日一小宴,五日一大宴, dengan siasat lembut ingin menaklukkan hati Kwan Kong agar mau mengabdi kepadanya. Karena Chao Chao melihat Kwan Kong menjaga Lauw Pie selama berperang, dengan penuh penderitaan, letih, tiap saat terancam bahaya. Namun Kwan Kong tetap setia kepada Lauw Pie, hatinya tidak tergerak dengan pesta-pesta tersebut.

4. Tidak silau akan nama dan harta ( 不慕功名 )

Kwan Kong dilantik sebagai Sou Ting Hou 壽亭候 (Panglima Laskar Tertinggi Angkatan Perang), naik kuda diberi emas, turun kuda diberi perak ( 上馬金,下馬銀 ). Chao Chao sangat pintar menjilat / mengambil hati: Setiap Kwan Kong mau naik kuda diberi sekantung emas, kemudian begitu Kwan Kong turun dari kuda ada pengawal yang memberi sekantung perak. Tapi Kwan Kong tetap tidak bergeming, tidak serakah akan harta [Coba kalau kita tukar posisi; Misalnya setiap mau naik mobil diberi emas, begitu turun dari mobil diberi sekantung perak. Jika kita serakah, ingin dapat harta berlimpah dengan mudah, maka kita setiap hari pekerjaannya hanya naik & turun mobil saja!?]. Chao merasa kesal, apakah emas dan perak saya palsu? Karena di otak Chao Chao, di dunia ini tak ada orang yang tidak bisa ditaklukkan dengan 4 Ta : Harta (emas & perak), Tahta (kedudukan tinggi: Sou Ting Hou), Wanita cantik {Chao Chao mengirimkan puluhan wanita cantik kepada Kwan Kong, tapi beliau tidak merasa tertarik sama sekali, malah diserahkan untuk melayani kedua kakak iparnya. Ada pepatah Tiongkok yang mengatakan 英雄難過美人關, Ying Xiong Nan Guo Mei Ren Guan, yang berarti Seorang Pahlawan Sukar Melewati Gerbang Ujian Wanita Cantik. Pepatah ini sudah banyak terbukti di berbagai negara dari zaman ke zaman. Antara lain: pada zaman Sam Kok ini ada seorang pahlawan lain yang sangat luar biasa hebat, yaitu Jendral Lu Pu {Lu Po}. Pernah pada suatu pertempuran Lu Po ini dikeroyok oleh Lauw Pie, Kwan Kong & Tio Hui (3 bersaudara) sekaligus. Tapi pertempuran ini berlangsung seimbang. Jendral Lu Po yang hebat tidak bisa dikalahkan di medan pertempuran, tapi ia takluk oleh ……… seorang wanita cantik, yaitu Tiao Xian. Namun pepatah ini tak berlaku untuk Kwan Kong, yang tidak bisa ditaklukan oleh wanita cantik}. Ta yang keempat adalah Jamuan Pesta (三日一小宴,五日一大宴). Namun semua cara Chao Chao untuk menaklukkan Kwan Kong gagal total. Kwan Kong tak bergeming, tetap setia kepada Lauw Pie !

5. Tidak mengharap yang baru dan membuang yang lama. ( 不迎新,不去舊 )

Chao Chao memberikan hadiah jubah merah yang dilapisi permata kepada Kwan Kong. Namun oleh Kwan Kong jubah merah (baru) tersebut dipakai di dalam, sementara jubah hijau pemberian dari Lauw Pie yang sudah lama, robek, dan lusuh dipakai di luar. Melihat hal ini Chao Chao merasa amat heran, lalu bertanya kepada Kwan Kong mengapa demikian? Kwan Kong menjawab bahwa, jubah merah yang baru pemberian dari Chao Chao dipakai di dalam adalah sebagai tanda Kwan Kong menghormati Chao Chao. Sementara jubah hijau yang sudah lama & lusuh tapi dipakai di luar adalah sebagai tanda Kwan Kong senantiasa mengingat kakak angkatnya, Lauw Pie !

6. Tidak melupakan kesetiaan persaudaraan ( 不忘兄弟情義 )

Pada saat menerima kabar dari kakaknya Lauw Pie, Kwan Kong segera mohon pamit kepada Chao Chao, tapi Chao Chao sengaja tidak mau bertemu, menggantung plat di depan kamar: Tidak terima tamu !  Tapi Kwan Kong tidak terbelenggu oleh budi awam, lalu mengembalikan semua emas & perak yang diterimanya, juga stempel kebesaran Sou Ting Hou. Kemudian Kwan Kong meninggalkan istana Chao Chao untuk pergi ribuan kilometer mencari kakak angkatnya, Lauw Pie.

7. Melupakan aku, tidak mempedulikan keselamatan sendiri ( 忘我,奮不顧身 )

Chao Chao begitu mengetahui kaburnya Kwan Kong dari istananya, menurunkan perintah: Jika tidak bisa menahan Kwan Kong, lebih baik bunuh saja ! Kwan Kong sendirian dengan membawa & melindungi kedua kakak iparnya berhasil過五關,斬六將Menerobos 5 benteng dan membunuh 6 Jenderal. Sungguh Luar Biasa !!! Akhirnya Kwan Kong yang sudah amat letih berhasil bertemu kembali dengan Lauw Pie & Tio Hui, kakak & adik angkatnya.

Kesetiaan dan Peri Kebenaran Kwan Kong sungguh tak tertandingi, sepanjang sejarah manusia hanya ada 1 orang. Beliau berhasil mempertahankan kepribadian luhur 剛正 Gang Zheng : ksatria, adil, jujur, teguh, berintegritas, dan gagah berani, akhirnya mencapai kesempurnaan sebagai Maha Bodhisatva Kumala Raja.

Bersama ini mengimbau umat agar waktu bersembahyang kepada Kwan Kong, tidak menggunakan daging sebagai persembahan, tapi hanya menggunakan buah-buahan atau kue-kue (vegetarian). Ingat, Beliau telah mencapai Bodhisatva dengan gelar Bodhisatva Satyakalama (Kwan Sing Tek Kun).

O

—oooOOOooo—

O

Buddhist Temple Jindeyuan Jakarta

Kwan Seng Tek Kun – Bodhisatva Satyakalama

Kwan Seng Tek Kun – Bodhisatva Satyakalama

Tags: , ,

35 Responses to “Kwan Seng Tek Kun – Bodhisatva Satyakalama”

  1. samuelbunawan says:

    hello.mr..saya kristen tapi hampir setiap tidur bermimpi Dewa Dewi diantaranya pernah bermipi Dewa KwanKong..apakah hanya halusinasi saya..memang dari kecil saya suka melihat gambar Dewa Kwan Kong .apa makna dari mimpi itu..thanks.

  2. samuelbunawan says:

    hello.mr..
    Apa arti mimpi dari ketemu Dewa

  3. admin says:

    @ dear Samuelbunawan :

    Makna dari mimpi tersebut adalah Anda berjodoh dengan Dewa Kwan Kong. Kalau sempat mampirlah ke Kim Tek Ie & Pai Pai sebentar kepada beliau. Semoga sifat ksatria beliau, kesetiaan, peri kebenaran, keadilan bisa terwujud dalam hidup Anda…

    Thanks

  4. sonny says:

    maaf, saya mau tanya apakah hakim bao adalah dewa ???

  5. ferrytan says:

    wahh.. pertanyaan sonny sangat bagus. menurut saya sih dia adalah titisan dewa (berdasarkan tanda lahir di dahi nya (bulan sabit)

    saya sangat salut dengan penulis. jika berjodoh saya berniat untuk bertemu. =)

  6. yantoha says:

    kalau mimpi bertemu dewa kwan kong menggunakan jubah emas apa artinya?terus kalau berjodoh kelebihanya apa ? Terima kasih

  7. sonny says:

    hakim bao adalah pejabat jujur, kalo anda punya msalah diyuduh macam2 atau difitnah anda blh sembahyang dengan dia

  8. sonny says:

    kwan kong memakai jubah emas, artinya anda akan diberi rezeki, lebih baik anda sembahyang dengan dia

  9. lia says:

    mantra pendeknya Kwan Kong:
    om jia lan siddhi hum _/|\_

  10. tiffanie says:

    kl msl nya ber agama Buddha dan mempunyai tmpt sembahyang untuk dewa dan dewi namun tdk ad arca dewa kwan kong apakah itu sebuah masalah atau tidak

  11. Sherly says:

    Salam kenal..nama sy Sherly..sy sangat ingin menanyakan ttg mimpi sy,dulu sewaktu msh SMP pernah mimpi Budha memberikan sy sebuah mutiara yg bsr dan bersinar terang,setelah menerimanya sy lgsg bangun.Pernah sekali melihat kepala Dewa di langit2 kamar sy,tp pd saat itu sy pikir melihat hantu lari keluar kamar,sy br tau bhwa itu Dewa setlh sy berjalan2 ke kelenteng di medan.Sy jg 2x mimpi Dewa Kuante,yg pertama Beliau mengajak sy ikut dia,tp sy menolak krna sy beragama Khatolik..apa maksud dr mimpi tersebut?sy sgt ingin tau dr dulu..penasaran sekali..pernah bertanya dgn org yg kemasukan Dewa,mengatakan bhwa sy sgt berjodoh dgn Dewa Kuante,tp krna sy khatolik Beliau meminta sy berpikir masak2 memilih ikut yg mana,tdk blh setengah2..hal ini membuat sy kepikiran terus..mohon petunjuk dr anda yg sudah senior..Trima kasih..Jawaban anda sgt sy nantikan..

  12. admin says:

    @ dear Sonny :

    Hakim Bao tentu saja adalah Dewa. Beliau seumur hidup berjuang untuk rakyat, menegakkan keadilan, seorang hakim yang jujur, adil, dst …

  13. admin says:

    @ dear Yantoha :

    Kalau berjodoh dengan Dewa, berarti anda harus sering sembahyang kepada Dewa tsb, maka dalam kehidupan ini, anda akan dibimbing oleh Dewa tsb ke jalan yang terang …

  14. admin says:

    @ dear Tiffany :

    Kalau tidak punya arca Bodhisatva Satyakalama di rumah, anda dapat sembahyang ke wihara / kelenteng yang ada arca Bodhisatva Satyakalama …

  15. admin says:

    @ dear Sherly :

    Kalau anda sering bermimpi bertemu Dewa Kwan Kong, berarti anda sangat berjodoh dengan beliau. Maka anda harus sering sembahyang kepada Dewa Kwan Kong, maka beliau akan menuntun anda dalam hidup ini menuju kebaikan, kesuksesan, & kegemilangan …
    Tidak masalah anda beragama Katholik, namun sebenarnya anda amat berjodoh dengan Dewa Kwan Kong. Sebaiknya anda tidak mengabaikan jodoh yang luar biasa tsb …

  16. Junior says:

    Salam,
    Nama saya Junior. Sejak dulu saya sangat menghormati & mengidolakan Kwan Kong karena segala sifat yang beliau miliki. Saat ini saya sudah membeli rupang beliau dengan Zhou Chang dan Kwan Phing. Saya sangat berniat membuat altar beliau di rumah untuk hok sai. Kebetulan saya pernah diberiathu ada jodoh dengan Kwan Kong. Namun sampai saat ini saya masih terkendala dengan meja altarnya. Saya berniat meminta pembuat meubel membuatnya, namun banyak sekali halangan samapai saat ini. Baru saja saya menemukan pembuat meubel yg lain. Semoga tidak lagi menjadi kendala.

    Saya mau tanya, apakah kendala yg saya temui selama ini merupakan cobaan dari beliau (Kwan Kong) untuk melihat kesetiaan saya?
    Saya juga sering bermimpi ke klenteng untuk Pai Pai dengan beliau (mungkin karena saya selalu memikirkannya, jadi terbawa mimpi ^^). Apakah mimpi2 saya bisa berarti lain?

    Terima kasih,

    Salam…

  17. ferrytan says:

    Hi Junior,

    Lebih baik jika anda bisa pergi ke tempat paranormal cina (bukan dukun), di mana medium (ki tong) akan di rasuki oleh dewa, jadi anda bisa menyebutkan data diri anda,

    kalo emang bener jodoh, kenapa tidak? sembahyang dewa Kwan Kong ini sangat bagus jika anda melakukan bisnis apapun.

  18. martina says:

    Salam kenal,

    Nama saya Martina. Beberapa bln yg lalu saya bermimpi dengan melihat ada tiga dewa dalam sebuah vihara namun ketiga dewa tersebut wujudnya tidak terlihat jelas. Dewa yang berada di tengah berkata kalau saya akan sukses, dan bisa membahagiakan kedua orang tua saya.
    Saya diberi lihat sebuah kalender bertanggal jie gue jie cap go (bln 2 tanggal 25) dengan sangat jelas sekali sampai saya bangun saya tetap ingat dengan tanggal tersebut.
    Yang mau saya tanyakan adalah arti mimpi tersebut dan kenapa saya diberi lihat tanggal tersebut?dan kenapa saya tidak diberi lihat dengan jelas wujud dari dewa?

    Terima kasih,

    Salam….

  19. andreas says:

    salam kenal,

    nama saya andreas saya katolik tapi akhir akhir ini saya mimpi berperang bersama guan gong kalau saya tidur knp selalu diberikan mimpi itu terus seperti berlanjut. apa dri makna tersebut ???
    makasih

  20. dear admin saya sudah dua kali mimpi bertemu dewi kwan im , maksudnya apa ya :) ?

  21. Yuani says:

    saya dulunya seorang non buddhis. suami saya buddha mengingat kami memiliki 2 anak. jadi, saya memutuskan untuk mengikuti untuk agama suami saya tapi masalahnya suami saya sendiri tidak memahami ajaran2 buddha bahkan tidk tahu. saya sendiri mencari ajaran2 buddha melalui internet sebab saya mengingat anak saya selalu mempertanyakan ajaran2nya. mohon petunjuk dan org yg baru masuk agama buddha apakh ada ritual tertentu?gimana caranya menyedarkn suami ku? sekian terima kasih

  22. robert says:

    apa

  23. robert says:

    saya mau tnya mantra om chie lan siddi hum…ad gk ?trus gmna cra nya membaca nya …ya..maaf sebelum nya…

  24. Rio Gunawan says:

    Telat banget sih, tapi yah semoga berguna aja deh.
    @Yuani
    Mayoritas agama Buddha di Indonesia adalah Buddha + Konghucu + Tao (Tri-Dharma). Untuk agama Buddha tersendiri, silahkan datang ke vihara2 yang ada kegiatan Puja Bakti (Kebaktian Agama Buddha) dan bertanya disana, buku2 ajaran pun biasanya bisa didapatkan dengan gratis disana, atau cari2 di internet.

    Untuk ritual2 sembahyang seperti sembahyang Imlek, atau yang lainnya, itu lebih ke TAO n Konghucu, biasanya untuk prosesi, cara2, dan apa saja yang dibutuhkan (Persembahan, Jumlah Hio, Dll) bisa dicari di internet, atau ditanyakan ke vihara2 Tri-Dharma seperti Jindeyuan, dll.

    Agama Buddha (Tanpa TAO-isme & Konghucu) lebih menekankan kepada Dharma (Ajaran Sang Buddha Gautama), Perbuatan Baik, Kasih Sayang, dan Pelatihan Diri untuk mencapai pencerahan (tidak terlahir kembali di dunia). Ritual2 yang ada pun kebanyakan cuma penghormatan2 dan kegiatan berdana (Beramal) seperti Pindapata & Kathina, dan pelimpahan jasa kepada semua mahluk hidup.

    Untuk awalnya, cobalah untuk sekuat tenaga melakukan Pancasila Buddha setiap hari Uposattha (Ce It & Cap Go tanggalan China), sembahyang ke vihara yang ada rupang Sang Buddha Gautama, dan kalau bisa ikut Puja Bakti.
    Panca Sila:
    1. Aku bertekad untuk tidak mengambil nyawa mahluk hidup. (contoh: Tidak makan daging)
    2. Aku bertekad untuk tidak mengambil apapun yang tidak diberikan kepadaku.
    3. Aku bertekad untuk tidak melakukan perbuatan asusila.
    4. Aku bertekad untuk tidak berbohong.
    5. Aku bertekad untuk tidak meminum apapun yang bisa menurunkan atau menghilangkan kesadaranku.

  25. Rio Gunawan says:

    @ Robert

    Setahu saya, tidak ada sutra Buddhis yang pernah menyebutkan mantra Kongco Kwan Sie Tee Kun (Kwan Khong). Mantra Om Jialan Xidi Hum diajarkan oleh Mahaguru Lian Sheng dari True Buddha School, jadi mantra tersebut bisa benar bisa juga tidak, bisa berfungsi baik, bisa juga tidak.

    Cara bacanya ya baca saja seperti biasa : Om Jielan Siti Hum

  26. maharani says:

    dear every one:
    sya mau tnya sudah 2 hari dan 2 x sya mimpi datang ke kuil dewi kwan im yg pertama sya melihat dewi kwan im
    berwujud besar sekali degan rambut kilau emas dan di situ jga sya sedang menyicikan minyak sembayang
    yg ke dua sya sembayang di kuil dewi kwan im lg tp sya melihat banyak sekali dewi kwan im nya?
    kira2 arti mimpi saya itu apa ya?

  27. robert wong says:

    Dear Maharani,

    biasanya kalau mimpi begitu, ada beberapa arti :

    1) memang kebetulan saja ( tapi jarang kebetulan bisa 2x dan dewinya sama)

    2) dipanggil ibu kuan iem untuk sembahyang, dan biasanya setelah sembahyang biasanya diberikan lah dewi atau dewa pelindung (bukan sifat materi yah)

    3) anda sedang ada masalah/gelap dan pelindung anda menggingatkan anda untuk sembahyang minta bantuan dan pelita.

    Untuk lebih jelas lagi, lebih baik tanya suhu masing2.
    omitohud

  28. bernad says:

    saya pernah mimpi didatangi dewa kwan kong & mimpinya itu selama 3hari lalu apa artinya

    mksh

  29. Dinasty Han says:

    saya dari waktu masa kecil sampe sekarang sangat kagum sama dewa kwan kong, beliau seorang jenderal yang gagah, jujur dan keadilan demi membeli negara Dinasty Han.
    Kwan Kong Huat ahhhhhhhhh…………………………

  30. Dinasty Han says:

    saya dari waktu masa kecil sampe sekarang sangat kagum sama dewa kwan kong, beliau seorang jenderal yang gagah, jujur dan keadilan demi MEMBELA negara Dinasty Han.
    Kwan Kong Huat ahhhhhhhhh…………………………

  31. Kandrali says:

    Nammo Buddhaya…
    Salam kenal buat admin dan semua rekan-rekan…
    Saya mau tanya tentang mimpi kakak saya di datangi nenek saya dan memberi cincin/permata bergambar Ema Kwan Im
    Kalau ada yang tau artinya, mohon petunjuknya..
    Terima kasih

    Saddhu…saddhu…saddhu…

  32. Thio says:

    Nama inggris huang hung po po Ada di huakung ning niang

  33. Danamark says:

    Salam kenal. Apakah susah untuk mempelajari agama Budha. Saya seorang Katolik dan sangat kagum dengan
    ajaran-ajaran agana budha. Kebetulan Tunangan saya beragama Budha. Mohon pencerahannya.
    Trims …

  34. Rio says:

    @Danamark:
    Salut untuk anda karena mau mempelajari ajaran lain, karena dengan tidak menjadi fanatik dan berfikiran tertutup anda sudah layak dan mampu untuk mempelajari ajaran sang Buddha. Sadhu Sadhu Sadhu.

    Nggak susah kok, asalkan mampu dan rela untuk berfikiran terbuka. Mungkin kalau baca sutra atau tripitaka terlalu cepat ya, jadi mungkin bisa diawali dengan membaca dan memahami 4 Kebenaran Mulia dan 8 Jalan Utama (Bisa dibilang salah satu inti ajaran sang Buddha).

    Atau kalau memang cukup mampu dan ingin bacaan untuk teman minum kopi/teh/nongkrong, coba deh baca2 buku Ajahn Brahm, bisa ditemukan di Gramedia. Seperti : Hidup Senang Mati Tenang, Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya, dll.

    Buktikan dengan diri sendiri juga adalah salah satu intinya, dan Sang Buddha pun menganjurkannya.

    Semoga berhasil dalam pembelajarannya, semoga anda dan tunangan langgeng. Jangan segan2 kalau ingin bertanya, toh semua orang awalnya tidak tahu.

    Sabbe Satta Bhavantu Sukkhitattha

  35. Ivan says:

    Salam kenal, saya baru kelan website ini…
    Saya ingin menanyakan ttg mimpi saya,
    Saya ada 2 mimpi ttg kwan kong.
    Yg pertama adalah saya melihat 1 anak kecil berbaju putih dengan 2 org dewasa bertubuh besar yg mengapit (seperti pengawal, ketika itu saya mendekat karena penasaran, siapa “org” dirumah saya yg tidak saya kenal, sewaktu saya mendekat, “anak kecil” tersebut menatap saya, seketika itu saya kaget sekali melihat rupa Kwan kong, bermuka merah berjanggut lebat. Seketika itu saya langsung kui di depannya, tanpa berkata apapun beliau menepuk pundak kanan saya dan kemudian berlalu.

    Mimpi yang kedua adalah saya menginap di rumah saudara saya di jakarta, jalan kaki mengelilingi kompleks dg saudara saya berlima, ketika itu saya melihat ada sebuah bangunan gelap dan tidak terpakai, dan saya menanyakan bangunan apa itu. Saudara saya menjawab itu tempat angker, tp saya dan saudara saya iseng mendekati dan mengintip bangunan tersebut. Seorang saudara saya langsung ditarik kedalam seperti disandera, kemudian saya beranikan diri u/ masuk berniat menyelamatkan saudara saya, ketika saya masuk ternyata banyak sekali orang di dalam seperti berbaris lebar dg saudara saya posisi terikat di kursi, dan dari barisan sangat banyak org tsb, ada 1 org yg duduk ditengah seperti pemimpinnya dan sosok itu adalah Kwan kong. Ketika itu saya beranikan diri u/ memohon dan meminta baik” saudara agar dilepas, seketika itu saudara saya dilepaskan.

    Mohon jika ada tanggapan jika ada mengerti ttg mimpi tsb,
    Maaf jika banyak sekali ketikan saya :)

    Salam kenal sukses selalu

Leave a Reply