KOAN IM HUT CO 觀音佛祖

Guan Yin Fo Zhu {Hok Kian = Koan Im Hut Co } secara umum disebut Guan Yin. Sebutan akrabnya adalah Ma Kuan Im / Kuan Im Ma 觀音媽. Dalam bahasa Sansekerta disebut Buddha Avalokitesvara. Mengapa banyak orang yang menyebut Goan Shi Yin Pu Sa 觀世音菩薩 {Hok Kian = Koan Si Im Pho Sat } ? Ini karena ikrar beliau yang amat welas asih yaitu : tidak akan menjadi Buddha sebelum semua manusia terselamatkan. Namun sebenarnya beliau telah menjadi Buddha dan bergelar Nan Hai Gu Fo 南海古佛 {Hok Kian = Lam Hai Ko Hut }. Maka di Jin De Yuan ini kita menyebutnya Kuan Im Hut Co.

Jauh sebelum agama Buddha disebarkan dari India ke Tiongkok, di Tiongkok Kuno sudah ada kepercayaan kepada seorang Dewi yang welas asih dengan penampilan memakai jubah putih. Pada akhir Dinasti Han (25 – 228 M), agama Buddha masuk ke Tiongkok dan mendapat tempat di hati masyarakat. Kisah Putri Miao Shan (Biao Sian) dalam kisah Lam Hai Kuan Im Coan Thoan amat dikenal dalam Buddhisme Tiongkok, dan telah menyatu dalam sanubari orang-orang Tionghoa.

Demikianlah seorang Dewi Welas Asih yang Asli Tiongkok 白衣大士 (Pek Ie Tai Su) menyatu dengan Avalokitesvara, jadilah Dewata Buddhis khas Tiongkok, bahkan ciri-ciri ke-India-annya hilang sama sekali. Kisah Putri Miao Shan yang amat berbakti kepada orangtua merupakan cerminan dari kisah Sang Buddha Gautama, di mana beliau meninggalkan keduniawian menjadi pertapa dan sempurna di Gunung Pu To Shan.

Figure Kuan Im yang dekat dengan segala lapisan masyarakat membuatnya amat termashur bahkan melebihi Sang Buddha Gautama sendiri. Dalam perujudannya sebagai Chien Chiu Koan Im (Kuan Im Tangan Seribu) beliau secara Esotoris seolah-olah adalah Tuhan Yang Maha Kuasa, karena sanggup mengabulkan semua permohonan umatnya.

Koan Im Hut Co dikenal luas sebagai Dewi Welas Asih, yang dipuja tidak hanya di kalangan Buddhis saja, tapi juga di kalangan Tao dan semua lapisan masyarakat awam di pelbagai negara terutama di benua Asia. Coba kita perhatikan, di setiap kelenteng atau wihara, siapapun yang menjadi Tuan Rumah–nya [misalnya Hian Than Kong 玄壇公, Te Cong Ong 地藏王, Ma Co 媽祖, Kuan Kong 關公 , Ceng Guan Ceng Kun 清元真君, dll] pasti ada sebuah altar khusus untuk menghormati Kuan Im Hut Co ! Mengapa bisa demikian ? Ini karena Maha Welas Asih (大慈大悲) beliau. Maka beliau disebut Guan Shi Yin. Bahkan Dunia Barat pun mengenalnya sebagai Goddess of Mercy!!!

Guan Shi Yin adalah terjemahan harfiah dari bahasa Sansekerta Avalokitesvara, yang mengandung arti sebagai berikut :

Guan = melihat, memandang

Shi = dunia (alam fana yang penuh dengan penderitaan)

Yin = suara (jeritan penderitaan dari makhluk hidup)

Guan Yin adalah Buddha yang melambangkan hati yang welas asih dan penyayang, yang tertanam dalam relung hati tiap pemujanya. Mereka percaya bahwa Guan Yin dapat mendengarkan keluh-kesah mereka yang menderita dan datang menolong, dalam wujud yang berbeda-beda, baik pria maupun wanita.

Di kalangan rakyat, Kuan Im Hut Co dianggap penolong bagi orang yang sedang dalam kesengsaraan dan penderitaan. Beliau juga dianggap penolong roh-roh yang mengalami penderitaan di neraka, oleh karena itu beliau ditampilkan dalam sembahyang memberi makan roh-roh kelaparan yang diadakan pada bulan 7 Imlek, dengan nama Pu Du Gong 普渡公 (Tuan Yang Menolong Penyeberangan).

Perwujudan Koan Im

Di dalam Sutra Suddharma Pundarika Sutra 妙法蓮花經 (Biauw Hoat Lien Hoa Keng) disebutkan ada 33 perwujudan atau penjelmaan Koan Im Pho Sat. Sedangkan dalam Maha Karuna Dharani / Da Bei Zhou 大悲咒 {Hok Kian = Tay Pi Ciu}, ada 84 rupa yang berbeda sebagai pengejawantahan Koan Im sebagai Bodhisatva yang memiliki kekuasaan besar. Pendampingnya yang setia adalah Kim Tong 金童 (Jejaka Emas) dan Giok Li 玉女 (Gadis Kumala), atau yang sering disebut Sian Cay & Liong Nio.

Altar utama di kuil Pho Jee Sie (Phu Tho San) dipersembahkan kepada Koan Im Pho Sat dengan perujudannya sebagai Buddha Vairocana, dan di sisi kiri/kanan berderet masing-masing ke-16 perujudan Beliau lainnya. Total di kiri dan kanan berikut di altar utama ada 33 macam perwujudan yang mengesankan dan amat berwibawa.

Di negeri-negeri lain yang menganut agama Buddha seperti India, Thailand, Vietnam dan Kamboja, Kuan Im Hut Co biasanya ditampilkan sebagai pria. Hanya di Tiongkok saja Kuan Im Hut Co diujudkan sebagai wanita dengan berbagai penampilan antara lain :

1. Kuan Im membawa Sutra memberi pelajaran Buddha Dharma kepada umat manusia.
2. Kuan Im dengan hutan bambu ungu.
3. Kuan Im menyeberangi lautan. Konon Kuan Im dari India menyeberangi lautan sampai di Phu Tho San, propinsi Zhe Jiang.
4. Kuan Im bertangan seribu. Perujudan ini mengandung makna bahwa Kuan Im tahu segala hal dan mampu melakukan segala hal.
5. Kuan Im dengan keranjang isi ikan. Mengandung arti menyayangi mahluk hidup, sebab ikan itu akan dilepaskan kembali ke laut.
6. Kuan Im berbaju putih. Maksudnya putih bersih tanpa dosa.
7. Kuan Im dengan 8 (delapan) rintangan. Ini melambangkan Kuan Im dapat mengatasi berbagai kesukaran agar dapat dengan tenang menerima ajaran Buddha.
8. Kuan Im membawa anak. Merupakan pemujaan bagi orangtua yang ingin memperoleh anak.
9. Kuan Im membawa botol air suci. Biasanya ditemani oleh sang bocah suci, San Chai, dan burung kakatua.
10. Kuan Im naik gelombang atau di atas sebuah batu karang, yang melambangkan keteguhan hatinya untuk menempuh berbagai kesukaran dalam menolong manusia.
Ke-10 perujudan di atas adalah yang paling terkenal dari 33 bentuk perujudan Kuan Im, dalam menolong umatnya yang membutuhkan.

Perwujudan beliau di altar utama Kim Tek Ie (lihat gambar bawah) adalah sebagai King Cee Koan Im (Kuan Im membawa Sutra memberi pelajaran Buddha Dharma kepada umat manusia). Di samping itu terdapat wujud Koan Im Hut Co dalam Chien Chiu Koan Im 千手觀音 (Kuan Im bertangan seribu) sebagai perujudan Beliau yang selalu bersedia mengabulkan permohonan yang tulus dari umat-Nya.

Kim Tek Ie - Koam Im Pho Sat

13 Responses to “KOAN IM HUT CO 觀音佛祖”

  1. rudy says:

    na mo omi to fo

    saya mau tanya, saya punya altar di rumah yaitu altar kuan im pusat kalau tiap kali sejit apakah harus di bersihkan altar tersebut dan rupang kuan im pusat nya apakah perlu di bersihkan dan di mandi kan dan di ganti bajunya. dan mau tanya lagi tanggal berapa utk membersihkan rupang tersebut yang bagus sebelum sejit kira 2 tgl berapa sebelum sejitnya . mohon petunjuk dari pengelola klenteng supaya saya tidak salah. terima kasih.

    namo ta pei ciu khu ciu nan kuan se im phusat

  2. admin says:

    Dear Rudy,

    Semua hari untuk membersihkan rupang Kwan Im baik asalkan sebelum hari SEJIT-nya, yaitu hari ini sampai dengan pukul 24.00,

    Syarat yang memandikan:

    harus cia cai
    harus mandi yang bersih dan keramas
    hindari pembunuhan

    Memandikan:

    harus dengan air kembang
    dimandikan sebelum hari kelahiran

    tks.

    Pengurus kelenteng

  3. hongtaytjie says:

    dewi kwan im memang pantas disebut dewi welas asih karena sangat mengasihi umat manusia yang masih berada dilautan samsara, dia bagaikan seorang ibu yang menyayangi anaknya dan ingin anak-anaknya bahagia dan barulah ia ikut bahagia.

  4. Noviandi says:

    Dalam Kitab Ksitigarbha Boddhisatva Sutra dikatakan bahwa sumpah YM.Avalokitesvara Boddhisatva dan juga Boddhisatva lainnya ada batas waktunya..Jadi rasanya perlu diceritakan juga tentang YM.Ksitigarbha Boddhisatva,walaupun kurang terkenal dibandingkan YM.Avalokitesvara Boddhisatva

  5. JH. Sugathadasa says:

    Omitofo,

    Mohon penjelasan ttg makna dari peringatan hari kwan im se jit yg dlm 1 thn dilakukan sebanyak 3x.
    Dari masing2 peringatan tersebut itu memperingati peristiwa apa saja. terima kasih

  6. admin says:

    @ JH. Sugathadasa :

    Omitofo,

    Makna Peringatan Kwan im Se Jit yang dalam 1 tahun diadakan 3x :
    1. Ji Gwe 19 = Hari Kelahiran Dewi Kwan Im
    2. Lak Gwe 19 = Dewi Kwan Im Mencapai Penerangan Sempurna ( 得道 / 成道 )
    3. Kao Gwe 19 = Pari Nibbana Dewi Kwan Im ( 涅磐 )

    Kam Sia atas pertanyaannya.

  7. hadi says:

    apakah yang duduk di deretan kwan kong ,(cap pek lohan) yg memegang tongkat (kepala tongkat yg seperti kepala biara shaolin) adalah perwujudan dari budha kristigarba?

  8. satria says:

    saya ingin sekali mendapat informasi ttg 33 ujud dari Koan Im Posat yang lengkap dan dengan arti artinya, kalau bisa dengan gambarnya. Mohon bantuan kepada siapa saj yang dapat membantu, tolong diinformasikan ke saya di email : satria.pantura(at)yahoo.com . Terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan .

  9. Karliono says:

    Bagaimana bisa ru dong dengan para dewa/dewi yang benar bisa mengetahui kehadirannya dan tidak diganggu oleh iblis/setan/dewa jahat yang menyamar.
    Thanks

  10. Karliono says:

    Apakah ada mantra/doa yang kuat untuk memadamkan emosi jahat seseorang karena terhipnotis/gendam/magic oleh seseorang yang tidak terpuji, dan sesegera mungkin menyadarkan dirinya agar sadar atas tindakan yang telah merugikan dirinya. Sehingg bebas dari gangguan selamanya.
    Thanks

  11. Rio says:

    @Karliono : Coba aja baca Maha Karuna Dharani (Ta Pei Cou), kalau pengalaman pribadi saya sih, biasanya kalau baca Ta Pei Cou berulang2, rasa marah di diri saya berkurang drastis, mungkin sama juga efeknya kalau dibacakan untuk orang lain sepenuh hati.

    Saya ngga tau cara2 ini bener atau nggak, tapi coba dibaca aja ya : http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,16258.0.html di bagian agak2 bawah.

    Moga2 masalah yang sedang melanda anda bisa cepat terselesaikan dengan baik

  12. Jian Min says:

    Pengikut Dewi Kwan Yin (Jing Tong & Yu Ni) posisinya yaitu Jing Tong letak di sebelah kiri Dewi Kuan Yin (sebelah kanan kita kalo posisi kita berhadapan dengan Dewi Kwan Yin) dan Yu Ni letak di sebelah kanan, apakah betul posisinya ? Terima Kasih

  13. Rio Gunawan says:

    @Jian Min

    Kalau yg saya lihat di vihara karet sih benar begitu. Tapi untuk lebih pasti lagi, coba aja dilihat ke vihara2 yang ada rupang Ema Kwan Im & 2 pengikutnya.

Leave a Reply