Archive for August, 2012

Bun Ciong Kong – Dewata Pendidikan

Thursday, August 23rd, 2012

Bun Ciong Kong – Dewata Pendidikan

Yang dimaksud 文昌公Wen Chang Gong {Hok Kian: Bun Ciong Kong} di sini adalah 五文昌Wu Wen Chang / Go Bun Ciong (Lima Dewata Kesusastraan / Pendidikan). Sedangkan yang berada satu altar bersama dengan Tek Hai Cin Jin ini adalah 魁星星君 Kui Xing Xing Jun {Hok Kian : Kwee Seng Seng Kun}, yaitu salah satu dari Lima Dewata Pendidikan, yaitu:

1. 文昌帝君 Wen Chang Di Jun {Hok Kian= Bun Chiang Tek Kun}
2. 文恒聖帝 Wen Heng Seng Di { = Bun Heng Seng Tee, salah satu gelar kesucian Kwan Kong}
3. 護佑帝君 Fu You Di Jun / Lu Dong Bin { = Bu Hiu Tek Kun}
4. 魁斗星君/魁星星君 Kui Dou Xing Jun / Kui Xing Xing Jun { = Kwee Seng Seng Kun}
5. 主藝星君 Zhu Yi Xing Jun / Zhu Yi Fu Zi { = Cu Ie Seng Kun}

Kwe Seng Seng Kun disebut juga Kwee Tao Seng Kun atau Bun Kwee Hu Cu atau Liok Ie Tee Kun (Kaisar Berbaju Hijau). Beliau adalah salah satu Dewata Bintang Utara, juga sebagai penitisan dari Bintang Kesusastraan (Bun Khiok Seng), yang dipercaya amat menentukan nasib para pelajar dalam bidang sastra yang akan menghadapi ujian.

Pada waktu Tiongkok masih menerapkan system Ujian Kenegaraan, para pelajar dan kaum Mandarin sangat memuja Ngo Bun Ciang, khususnya pada tanggal 7 bulan 7 Imlek, yaitu Hari Raya Menguji Kepandaian (Khit Khau Ciat).

Perujudan Kwee Seng Seng Kun yang umum adalah berupa makhluk berwajah buruk, kaki diangkat ke belakang dan kaki yang satunya menginjak makhluk air Ao (sejenis monster). Tangannya memegang pena bulu dan tangan yang satunya memegang gantang, lambang dunia pengetahuan.

O

—oooOOOooo—

O

Buddhist Temple Jindeyuan Jakarta

Bun Ciong Kong - Dewata Pendidikan

Bun Ciong Kong - Dewata Pendidikan